Selamat Datang di Blog Mahasiswa UMB,Blog Ini di tujukan untuk Tugas Mandiri,Silahkan di baca...

Minggu, 23 September 2012

Teknologi telekomunikasi


Pengertian
Teknologi Telekomunikasi/Teknologi Komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh yang memungkinkan seseorang mengirimkan informasi atau menerima informasi ke atau dari pihak lain yang letaknya berjauhan.
Peran
Teknologi Telekomunikasi membuat jarak tak berarti
Komunikasi dapat dilakukan secara online tanpa ada batasan ruang dan waktu, kapanpun dan dimanapun

PERBEDAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi informasi lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh sedangkan pada teknologi komunikasi ditekankan pada bagaimana suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan.
Teknologi informasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan komputer dengan piranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi yang ada.
Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat.
PENERAPAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Penerapan teknologi komunikasi ditentukan oleh sejauh mana teknologi komunikasi mampu membuka akses pada berbagai pelayanan dan jaringan informasi.

Jenis Aplikasi
  ATM (Automatic Teller Machine)
  Telekonferensi
  Telecommuting : bekerja tidak dalam kantor
  Komputasi grup kerja (workgroup computing) -> grup pekerja yang memakai komputer yang terhubung dalam jaringan untuk berdiskusi dan menyelesaikan suatu masalah. Software-nya bernama groupware.
  EDI (Electronic Data Interchange): sistem yang memungkinkan data bisnis seperti dokumen pesanan pembelian dari suatu perusahaan yang memiliki sistem informasi dikirimkan ke perusahaan lain yang juga telah memiliki sistem informasi (server to server).
Media Transmisi
  Media Kabel
                Media transmisi yang menghubungkan pengirim dan penerima yang secara fisik berupa kabel.
  Media Tanpa Kabel
                Media transmisi yang tidak menggunakan kabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar