Selamat Datang di Blog Mahasiswa UMB,Blog Ini di tujukan untuk Tugas Mandiri,Silahkan di baca...

Minggu, 23 September 2012

Central Prosessing Unit (CPU)


ž  CPU merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor).
ž  Tugas-tugas dari CPU :
            - Mengambil dan memasukan data
            - Melaksanakan intruksi secara berurutan
            - Memproses data secara arithmetic dan logical

BAGIAN-BAGIAN CPU
ž  Unit kontrol yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.
ž  Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
ž  ALU unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.

Jenis External Storage


ž  Piringan Magnetik
Hard Disk
Hard disk merupakan salah satu piranti yang tidak terpisahkan dalam sistem komputer masa kini. Mulai dari komputer personal hingga mesin sekelas mainframe dan superkomputer menggunakan piranti hard disk sebagai media penyimpanan datanya.

ž  Piringan Tape
PirIngan tape (Pita magnetik) adalah piranti pengingat sekunder yang biasa digunakan untuk keperluan pencadangan (backup). Wujudnya dapat berupa pita dalam gulungan besar (realtape), cartridge (seperti pita video) atau kaset.

ž  Piringan Optik
Piringan optik adalah piringan yang dapat menampung data hingga ratusan kali dibandingkan disket. Piranti yang termasuk dalam kelompok ini adalah compact disk (CD), laser optic disk (LCD), digital video disk (DVD)

Storage


ž  Storage adalah penyimpan, tempat penyimpanan, media yang digunakan untuk menyimpan data yang diolah oleh komputer.
ž  Fungsi storage adalah menyimpan data atau file dalam jangka panjang dan pendek
ž  Storage/Memori dapat dibedakan atas 2 bagian,yaitu:
                        a. Internal storage
                        b. External storage
  

INTERNAL STORAGE
ž  Primary Memory Komputer terdiri atas 2 bagian :
ž  1. RAM (Random Access Memory);
Bagian dari main memory yang dapat kita isi dengan data atau program dari disket atau sumber lain. Dimana data-data dapat ditulis maupun dibaca pada lokasi dimana saja di dalam memori. RAM bersifat volatile.
ž  2. ROM (Read Only Memory);
Memori yang hanya dapat dibaca. Pengisian ROM dengan program maupun data, dikerjakan oleh pabrik. ROM biasanya sudah ditulisi program maupun data dari pabrik dengan tujuan-tujuan khusus.


 EXTERNAL STORAGE
ž  Piranti penyimpanan sekunder terdiri dari peralatan yang dapat digunakan untuk menyimpan data secara permanen dan sewaktu-waktu dapat dibaca kembali.
Piranti pengingat sekunder (Secondary Storage Device ) dikelompokkan dalam 3 bagian yaitu piringan magnetik, pita magnetik,dan piringan optik.



Input Dan Output Device


ž  Input dan output device adalah device yang berfungsi ganda,bisa digunakan untuk input dan bisa digunakan untuk output.
ž  Tugas Input dan Output device adalah sama seperti tugas yang di lakukan oleh input device dan juga output device
Optical Disc

Hard disk

Magnetic Tape


Output Device


ž  Output Device adalah suatu komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat mengeluarkan hasil-hasil pengolahan yang telah dilakukan oleh komputer.
ž  Tugas dari Output Device:
                        a. Tempat keluarnya hasil proses dengan  komputer
                        b. Menterjemahkan bit-bit kedalam kode  yang dikenal media output.

Contoh Output Device
Proyektor

Monitor

Printer


Input Device


Input Device adalah suatu bagian/kkomponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat kita memasukan data maupun intruksi kepada komputer
ž  Tugas Input Device
            a. Tempat masuk data & program yang akan di proses
            b. Menerjemahkan kode oleh media input kedalam kode yang dikenal 
                komputer.
            c. Mengirim data yang berbentuk bit ke storage

CONTOH INPUT DEVICE
Keyboard

Scanner

Mouse


Struktur Dan Fungsi Sistem Komputer


Secara umum hanya ada 4 fungsi dasar sistem,yaitu:
            A. Pengolah Data
                        - Komputer harus dapat mengolah data
                        - Jenis data dapat beraneka ragam
            - Terdapat fungsi penyimpanan data sementara
B. Penyimpan Data
                        - Dapat menyimpan data dalam jangka panjang
                        - Data dapat dicari dan di perbarui
                        - Dapat menyimpadan data sementara
C. Pemindahan Data
                        - Dapat memindahkan data ke tempat tujuan
                        - Terdiri dari perangkat yang menyediakan sumber data secara 
                           langsung
                        - Semua proses diatas disebut  input/output.Yang dikenal juga 
                          dengan periferal
            D. Kontrol
                        - Harus ada kontrol dari ketiga fungsi diatas
                        - Kontrol mengtur sumber daya & mengendalikan kinerja pada 
                           bagian fungsional 

Konfigurasi Komputer

 Komputer adalah serangkaian peralatan elektronika yang bergabung/terpadu dan bekerja secara bermacammacam serta terkoordinasi oleh suatu sistem operasi.
ž  Komputer Hardware adalah alat elektronika yang berupa mesin/komponen yang bisa dilihat.
ž  Pada Umumnya peralatan komputer minimal terdiri dari 4 komponen yaitu:
            a. Input Device
            b. Storage Unit
            c. CPU
            d. Output Device

GAMBAR KONFIGURASI KOMPUTER

Generasi Komputer


Tekhnologi telah ditingkatkan untuk memperoleh suatu tren yang penting, akan sangat membantu untuk melihat perbedaan generasi komputer yang telah dilewati. Karena 20 tahun pertama hanya komputer mainframe yang diproduksi, kita membahas mainframe pada bab yang sebelumnya dengan memperkenalkan perbedaan antara PC dan komputer mainframe modern.

FIGUR 8-4 model dasar sistem komputer mainframe

Figur 8-4 menampilkan model umum dari komputer mainframe. Salah satu perbedaan penting antara komputer mainframe dan komputer personal adalah tidak adanya arsitektur bus. Mainframe kebanyakan dilengkapi dengan hubungan langsung antara CPU dan memori; data tidak melewati lewati dan dilanjutkan ke bus. Arsitektur bus lebih mengenal modul dilihat dari mudahnya alat-alat yang berbeda untuk dihubungkan ke bus. Pada waktu sebelumnya arsitektur bus lebih lambat dan mainframe membutuhkan koneksi langsung untuk kecepatan.

Ciri khas komputer mainframe dimulai dengan satu preosesor. Sekarang mainframe sudah lazim menggunakan kepemilikan rangkaian perintah (rangkaian perintah yang secara umum dikhususkan dan diatur oleh penjual) dan perangkat lunak yang memiliki bermacam-macam prosesor. Bermacam-macan prosesor ini bagi pemilik hak arsitektur penjual seperti IBM merupakan hal yang relatif kecil, untuk pesanan 2 atau 4 per komputer.

Agar dapat memelihara peran dari mainframe dan untuk memberikan kekuatan prosesing yang beberapa aplikasi perlukan, perusahaan-perusahan komputer sedang dalam proses menemukan kembali mainframe. Idenya adalah untuk membuat mesin mainframe-class yang dikeluarkan dari sejumlah chip yang murah. Contohnya, komputer mainframe-class dar Hewlett-Packard (HP) dan DEC sekelompok fitu-fitur dari microprosesor cepat sebagai lawan dari rancangan biasa IBM 370 prosesor mainframe arsitektur. Mesin HP dan DEC menjual sekitar $10.000 kecepatan per juta instruksi per detik(MIPS) dibandingkan dengan mainframe IBM pada $30.000 samapi $80.000 per MIPS.

Organisasi menggunakan komputer mainframe umum yang memeproses jumlah besar dari data. Komputer mungkin bisa mengakses database dengan miliyaran karakter data dan mengatur jaringan ratusan atau ribuan terminal. Sebagai hasilnya, komputer dibutuhkan untuk dapat menangani banyak aktivitas komunikasi dan operasi input/output.

Mainframe biasanya memiliki channel data, yang memiliki kekuatan yang sama dengan CPU pada komputer yag lebih kecil. Channel data menerima perintah dari CPU, contohnya, mengambil kembali data dari file disk. Sementara data chanel sibuk CPU melanjutkan ke pekerjaan lainnya. ketika channel data selesai, kemudian menyela CPU bahwa data telah tersedia. CPU kemudian me-restart programnya telah disela bahwa program ini lebih penting dan lebih tinggi dari pada program lain yang menunggu untuk dijalankan.

Hanya dengan komputer personal, pengatur unit pada mainframe bertugas untuk menghubungkan komputer, dalam hal ini channel data dengan alat menyimpan dan I/O yang berbeda. Arsitektur ini telah menciptakan komputer mainframe sangat cepat, yang digunakan dalm database, prosesing perintah, dan aplikasi hitungan yang lain.

Sejarah singkat

Ahli komputer sering menyatakan tenatng generasi komputer yang berbeda, secara umum setia generasi sama-sama memperkenalkan komputer baru dean tekhnologi perangkat keras yang jelas beda dengan yang terdahulu. Generasi yang berturut-turut juga telah di tandai dengan perubahan tampilan yang dramatis. Setiap generasi baru telah membuktikan peningkatan cepat dari kecepatan hitungan dan menyimpan lebih banyak dengan harga lebih rendah daripada peralatan dulu. Generasi komputer juga dapat dikarakteristikan dengan perubahan perangkat lunak; di bab 8 kita membahas karakteristik perangkat lunak di setiap generasi.

Generasi Komputer pertama dikarakteristikan dengan komponen vaccum-tube (tabung vakum) dan perputaran memori. Salah satu yang paling populer adalah seperti model IBM 650.

Generasi kedua komputer menggunakan komponen-komponen transistor untuk pusat prosesing unit dan inti magnetik untuk memori. Channel data muncul di generasi ini, sejalan dengan fitur khusus untuk meningkatkan kecepatan CPU. Komputer pada awalnya digunakan sistem komersial on-line yang melibatkan komunikasi dan untuk sistem pembagian waktu, dimana pengguna diberikan kemampuan hitungan yang menarik melalui terminal.

Generasi ketiga komputer perangkat keras komputer dikarakteristikan dengan lebih banyaknya sirkuit monolitik dan miniaturisasi (banyaknya komponen elektronik pada chip) untuk pusat prosesing unit. Banyak fitur CPU untuk meningkatkan pekerjaan ditambahkan dalam generasi ini. Mesin generasi ke tiga membuatnya lebih mudah untuk meningkatkan aplikasi on-line yang membutuhkan kemampuan telekomunikasi.

Generasi ketiga berkembang dalam generasi ke tiga dan satu setengah melalui penggunaan tekhnologi semikonduktor untuk memori utama dalam beberapa mesin. Konsep yang dikembangkan dari pembagian waktu yang disebut "virtual memory" telah juga diimplementasi melalui fasilitas perangkat keras spesial. (lihat bagian dari virtual memori pada bab selanjutnya)

Generasi komputer ke empat dikarakteristikan oleh sangat besar, memori semikonduktor yang cepat, ukuran kecil, dan kebutuhan tenaga yang lebih kecil. Mesin generasi keempat dirancang untuk memudahkan pengembangan dari aplikasi on-line dan fasilitas penggunaan database yang besar.


Klasifikasi Sistem Komputer

Pengertian system Dan klasifikasi system
Sistem adalah sekumpulan elemen (subsistem) yang saling terkait atau terpadu dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan
 Contoh: 
Sistem Informasi Geografis, meliputi elemen-elemen: 
Data (Input Data),
Manusia (Brainware dan Operator)
Komputer (Hardware),
Program Aplikasi (Software),
Penyimpanan (storage: Harddisk, flashdisk, CD, Disket)
Proses Analisis
Jaringan komunikasi (Internet) khusus untuk online
Output / Hasil (Peta Hardcopy, Peta Digital)
Beberapa Klasifikasi Sistem
     1.Sistem Abstrak dan Sistem Fisik
  Sistem Abstrak: Sistem yang berisi gagasan atau konsep (Contoh: Sistem Teologi -> hubungan Manusia, Alam dan Allah)
  Sistem Fisik: Sistem yang secara fisik dapat dilihat (Contoh: Sistem Komputer, Sistem Transportasi, Sistem Perguruan Tinggi)
    2.Sistem Deterministik dan Probabilistik
  Sistem Deterministik: Sistem yang operasinya dapat diprediksi secara tepat (Contoh: Sistem Komputer)
  Sistem Probabilistik: Sistem yang tidak dapat diprediksi dengan pasti karena mengandung unsur probabilitas (Contohnya: Sistem Evapotranspirasi, Sistem Serapan Hara, Sistem Fotosintesis)  
     3.Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka
  Sistem Tertutup: Sistem yang tidak berhubungan dengan lingkungan dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan (Contohnya:  Sistem Reaksi Kimia dalam Tabung Reaksi yang terisolasi)
  Sistem Terbuka: Sistem yang berhubungan dengan lingkungan dan dipengaruhi oleh lingkungan  (Contohnya: Sistem Tanah)
   4.  Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Manusia
  Sistem Alamiah: Sistem yang terjadi secara alamiah tanpa campur tangan manusia (Contohnya: Sistem Tata Surya)
  Sistem Buatan Manusia: Sistem yang dibuat oleh manusia (Contohnya: Sistem Komputer, Sistem Mobil, Sistem Telekomunikasi)
   5.  Sistem Sederhana dan Sistem Kompleks
  Sistem Sederhana:  Sistem yang tidak rumit atau sistem dengan tingkat kerumitan rendah (Contohnya: Sistem Sepeda, Sistem Mesin Ketik, Sistem Infiltrasi Tanah)
  Sistem Kompleks: Sistem yang rumit (Contohnya: Sistem Otak Manusia, Sistem Komputer, Sistem Keseimbangan Hara Essensial dalam Tanah)
Sistem Informasi Sumber Daya Lahan: merupakan sistem buatan manusia, sistem terbuka, dan sistem fisik, tetapi dapat termasuk sistem kompleks maupun sederhana dan sistem Deterministik maupun Probabilistik.
Arsitektur Informasi:
  • —   Suatu pemetaan dari rencana-rencana kebutuhan terhadap informasi (Turban et al., 1999)

Berdasarkan Arsitektur Teknologi yang digunakan,maka Arsitektur Informasi dibedakan dalam 3 macam, yaitu:
  1. Arsitektur Tersentralisasi
  2. Suatu proses pelayanan informasi yang dikelola secara terpusat
  3. Arsitektur Desentralisasi
  4. Suatu proses pelayanan informasi yang dikelola secara tersebar
  5. Arsitektur Client <-> Server
  6. Suatu proses pelayanan informasi yang database utama dikelola Server sedangkan proses analisis lebih lanjut dilakukan oleh Client 

Teknologi telekomunikasi


Pengertian
Teknologi Telekomunikasi/Teknologi Komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh yang memungkinkan seseorang mengirimkan informasi atau menerima informasi ke atau dari pihak lain yang letaknya berjauhan.
Peran
Teknologi Telekomunikasi membuat jarak tak berarti
Komunikasi dapat dilakukan secara online tanpa ada batasan ruang dan waktu, kapanpun dan dimanapun

PERBEDAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi informasi lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh sedangkan pada teknologi komunikasi ditekankan pada bagaimana suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan.
Teknologi informasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan komputer dengan piranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi yang ada.
Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat.
PENERAPAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Penerapan teknologi komunikasi ditentukan oleh sejauh mana teknologi komunikasi mampu membuka akses pada berbagai pelayanan dan jaringan informasi.

Jenis Aplikasi
  ATM (Automatic Teller Machine)
  Telekonferensi
  Telecommuting : bekerja tidak dalam kantor
  Komputasi grup kerja (workgroup computing) -> grup pekerja yang memakai komputer yang terhubung dalam jaringan untuk berdiskusi dan menyelesaikan suatu masalah. Software-nya bernama groupware.
  EDI (Electronic Data Interchange): sistem yang memungkinkan data bisnis seperti dokumen pesanan pembelian dari suatu perusahaan yang memiliki sistem informasi dikirimkan ke perusahaan lain yang juga telah memiliki sistem informasi (server to server).
Media Transmisi
  Media Kabel
                Media transmisi yang menghubungkan pengirim dan penerima yang secara fisik berupa kabel.
  Media Tanpa Kabel
                Media transmisi yang tidak menggunakan kabel.

Teknologi Komputer

Teknologi computer adalah pelajaran tentang perangkat keras(hardware) dan perangkat lunak (software) yang merupakan dasar dari system computer modern.Komputer sekarang menjadi bagian sehari hari dalam hidup kita,mengendalikan apapun mulai dari toaster sampai pembangkit tenaga nuklir.

Ciri-ciri teknologi computer:
1.Alat elektronik
ž2.Dapat menerima input data
ž3.Dapat mengolah data
ž4.Dapat memberikan informasi
ž5.Menggunakan program yang tersimpan di dalamnya
ž6.Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
ž7.Bekerja secara otomatis

Sistem Operasi  dari program computer yang mengontrol computer untuk mengijinkan kita untuk menyimpan informasi dan menjalankan aplikasi(software).Komputer harus di support dengan hardware terbaru untuk mempercepat dan memperbesar memori karena untuk menyimpan segudang aplikasi(software) yang akan di install di computer tersebut.

Sistem computer modern tergantung pada jaringan yang terkoneksi pada computer tersebut.Apabila memakai kabel telphon,maka jaringan itu akan bekerja dengan kabel optic dan membawa jutaan suara dan percakapan video.

Tugas komputer adalah  Melakukan pengolahan data elektronik Data, Pengolahan Data dan Hasil pengolahan data.

Siklus pengolahan data ada Tiga tahapan Dasar : input -> processing -> output

Pengembangan siklus pengolahan data : origanitazion -> input -> processing (storage ) -> output -> distribution
Sistem Komputer adalah  Agar komputer dapat dipergunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer.

Elemen-elemen sistem komputer  : Agar tujuan terlaksana harus ada elemen-elemen yang mendukung sistem komputer, yaitu :
1.  Perangkat keras (hardware)
2. Perangkat lunak (software)
3. Manusia (brainware)